9 Fakta Menarik di Balik Gerhana Matahari

Ada beberapa fakta menarik yang terjadi di balik fenomena alam ini. Salah satu fenomena alam ini sangat menarik untuk digali fakta-fakta menariknya. Gerhana matahari Total (GMT) yang dua hari lalu terjadi di Indonesia tepatnya pada tanggal 9 Maret 2016 menarik perhatian kebanyakan orang bahkan turis mancanegara pun sangat antusias datang ke Indonesia untuk menyaksikan gerhana matahari total yang terjadi di Indonesia untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total yang terjadi di Indonesia. Dilansir dari Dream, ada 9 fakta menarik gerhana matahari.

  1. Gerhana Matahari Total temasuk fenomena yang langka karena terjadi setiap satu atau dua tahun sekali, namun dalam lokasi yang berbeda. Gerhana matahari total bisa terjadi di tempat yang sama kurang lebih sekitar 375 tahun.
  2. Anda akan melihat gerhana matahari parsial jika anda tinggal di kutub selatan atau utara. Orang-orang di bagian lain dunia dapat melihat gerhana total, annular, hibrida, dan parsial.
  3. Biasanya jalur lebar gerhana itu sekitar 160 kilometer dan terlentang 16 ribu kilometer atau 10.000 mile
  4. Tergantung pada geometri matahari, bulan, dan bumi, gerhana matahari ini bisa ada antara 2 hingga 5 gerhana matahari setiap tahunnya
  5. Hanya korona matahari saja yang terlihat saat gerhana matahari total itu terjadi karena saat itu bulan benar-benar menutupi matahari.
  6. Bisa perlahan gerhana matahari total ini paling lama 7,5 menit
  7. Daerah menjadi gelap, suhu udara drop, kondisi di jalur totalitas dapat berubah dengan cepat selama gerhana matahari total terjadi
  8. Gerhana matahari yang identic terjadi setiap 18 tahun 11 hari. Disebut dengan nama periode saros periode 223 ini
  9. Pada saat gerhana matahari total ini terjadi jika ada planet lain di langit, mereka dapat dilihat sebagai titik cahaya.

Demikian beberapa fakta menarik yang terjadi di balik fenomena gerhana matahari, semoga bermanfaat.

Leave a Reply