Apakah bisa karang gigi dibersihkan secara alami ?

Kalkulus atau karang gigi merupakan kotoran yang menempel pada gigi. Karang gigi bila dibiarkan akan menimbulkan risiko yang berbahaya. Akibat dari karang gigi yang  menempel pada gigi membuat gigi menjadi goyang dan lepas, karang gigi juga dihubungkan dengan kesehatan janin dan kesehatan jantung.

Untuk itu, agar tidak menimbulkan risiko yan berbahaya, maka karang gigi yang sudah menumpuk di gigi harus dibersihkan. Pertanyaannya, apakah bisa karang gigi dibersihkan secara alami?.

Kotoran dalam mulut dengan sifat yang keras tidak dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan flosing (membersihkan gigi dengan benang gigi) atau sikat gigi sekalipun, apalagi dengan hanya mengonsumsi air putih yang cukup atau dengan berkumur-kumur saja. Memang untuk saat ini, sebagian orang belum banyak tahu mengenai cara membersihkan karang gigi. Sementara selain harus dicegah, karang gigi itu harus dibersihkan apalagi jika sudah tertumpuk pada permukaan gigi dan gusi.

Secara medis, hanya dengan alat khususlah karang gigi tersebut dapat dibersihkan,baik dengan alat yang menggunakan mesin maupun secara manual. Namun alat tersebut bila digunakan secara sembarang dapat melukai jaringan sekitar rongga mulut. Oleh karenanya penggunaan alat-alat ini hanya dioperasikan oleh dokter gigi atau oleh seseorang yang berkompeten dalam urusan gigi.

Jadi mengingat efektivitas dan dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan terkait penggunaan bahan-bahan-bahan tersebut untuk membersihkan karang gigi belum teruji secara medis, maka dapat disimpulkan bahwa karang gigi tidak dapat dibersihkan secara alami semisal menggunakan buah-buahan atau bahan tertentu. Untuk itu, jika ingin membersihkan karang gigi, sebaiknya anda berkunjung ke dokter gigi dan tidak berusaha untuk menggunakan bahan tertentu yang belum teruji secara medis dalam pembersihan karang gigi.

Anda harus menjaga kebersihan mulut dan gigi anda secara baik dan benar untuk menjaga agar karang gigi tidak terbentuk atau menempel pada gigi. Caranya tidaklah sulit, minimal sehari dua kali gigi disikat dengan menggunakan pasta gigi berflouride membersihkan lidah, membersihkan sela gigi, berkumur dan memperhatikan pola makan yang baik. Itulah cara terbaik untuk mencgah proses perubahan plak menjadi karang gigi dan menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi.

JIka di gigi karang gigi sudah menumpuk sebaiknya anda segera melakukan pembersihkan karang gigi oleh dokter gigi sebelum kondisi buruk lainnya terjadi atau sebelum anda mengalami radang pada gusi.

No Responses

Leave a Reply