Beberapa Tips Berpuasa Bagi Diabetasi

Penderita diabetes bila ingin berpuasa sebaiknya memperhatikan beberapa tips agar puasanya bisa berjalan dengan lancar. Berpuasa bagi penderita diabetes merupakan tantangan tersendiri karena dia harus mampu mengatur waktu makan dan menyesuaikan pengobatan. Dokter sangat tidak menyarankan penderita diabetes untuk berpuasa bila diabetasi tidak mampu mengontrol  waktu makan maupun pengobatannya.

puasa-bagi-penderita-diabetes

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan bagi diabetasi menurut  dr Mohammad Firas (pengurus Persadia Muda /Young Diabetic).

  1. Sebaiknya makan dekat waktu sahur : Untuk mempercepat waktu puasa, perlambat makan sahur. Jangan minum yang manis-manis karena setelah dua jam gula darah dapat naik dan memnbuat lemas. Perbanyak makan serat agar tahan lapar, begitu dr Muhammad Firas memaparkan.
  2. Cek gula darah secara rutin : Waktu yang tepat untuk mengecek gula darah adalah sebelum sahur, setelah berbuka puasa dan di tengah hari. Diabetasi sangat dianjurkan untuk rutin mengecek gula darah secara teratur. Hal ini bertujuan supaya gula darah dapat terkontrol dengan baik.
  3. Penyesuaian obat : Minimal dua sampai tiga minggu sebelum menjalankan puasa, penderita diabetes berkonsultasi ke dokter karena diabetasi perlu melakukan penyesuaian mengubah obat siang untuk malam dan obat malam untuk siang.

Demikian beberapa tips mengenai penderita diabetes  bila ingin menjalankan puasa. Semoga  artikel di atas bisa menambah wawasan bagi pembaca.

Leave a Reply