Cara mengobati sengatan lebah secara alami

Lebah merupakan hewan kecil yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia baik madu maupun sengatannya. Kadang ada sebagian orang yang memanfaatkan sengatannya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tentunya dilakukan oleh yang ahli dalam melakukan terapinya. Pernahkah anda tersengat lebah? Tersengat lebah kata orang yang pernah mengalami terasa sakit dan menimbulkan bengkak pada kulit. Untuk mengatasinya, tidak perlu repot-repot cukup menggunakan bahan alami. Berikut ini cara mengatasi sengatan lebah dengan bahan alami yang ada di rumah.

Madu

Madu dioleskan pada bagian yang tersengat lebah, lalu kain diikatkan pada kulit yang telah diolesi madu lamanya kira kira 30 menit. Selanjutnya perlahan bengkak di kulit akan hilang dan rasa nyeripun menjadi reda.

Bawang putih

Beberapa siung bawang putih dihancurkan/ditumbuk halus lalu tempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada kulit yang terkena lebah. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan jangan lupa area yang luka tutupi menggunakan handuk.

Daun pisang

Daun pisang ternyata dapat digunakan sebagai obat alami akibat sengatan lebah. Caranya; daun pisang yang masih segar terapkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan lebah. Fungsi dari daun pisang bisa mengurangi rasa terbakar pada kulit.

Es batu

Cara mengobati sengatan lebah dengan es batu yaitu mengompres dengan es batu bagian kulit yang terkena sengatan lebah. Dengan mengompres bagian yang sakit membuat area tersebut mati rasa sehingga sensasi nyeuri akan bekurang. Kompres dengan es juga dapaat mengurangi terjadinya pembengkakan. Perlu diingat, hindari mengompres lebih dari 20 menit. Namun lakukan masa jeda sekitar 10 menit dalam melakukan pengompresannya.

Demikian cara mudah mengobati sengatan lebah dengan bahan alami yang ada di rumah. Bahan-bahan di atas umumnya ada di rumah ya, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan tindakan pengobatan agar rasa nyeuri dan bengkak pada kulit akan cepat berkurang dan mereda. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply