Cara Mengusir Jamur dari Rumah pada Musim Hujan

Jamur sangat mudah tumbuh di musim hujan karena cuaca yang dingin sehingga kondisi rumah menjadi lembab akibatnya jamur menjadi tumbuh merajalela. Jamur ini tentu saja berdampak merugikan pda benda-benda di rumah karena bisa merusak perabot rumah bahkan juga kesehatan. Bentuk spora jamur ini sangat halus bentuknya seperti debu. Jamur tersebut bisa tumbuh pada kayu, sela-sela ubin dan pada langit langit-langit rumah.

Jamur pada kayu; Jika nampak ada debu kehijau-hijaun melapisi bagian permukaan perabot kayu, lantai kayu, dinding kayu, atau perabot kayu lainnya yang ada di rumah, itu berarti perabotan kayunya telah dihinggapi jamur.

  • jika kondisi kayunya dicat, cara membersihkan jamurnya dengan menggunakan lap atau  spons atau  sikat dicelupkan ke dalam cairan pembersih kemudian bersihkan area kayu yang berjamur dengan lapatau spons atau sikat(yang t elah dicelupkan cairan pembersih tadi).
  • Jika kondisi kayunya tidak dicat, cara membersihkan jamurnya sebelum dibersihkan terlebih dahulu kayu tersebut diampelas untuk menyingkirkan bagian yang bernoda  karena biasanya jamur akan meninggalkan sedikit noda. Setelah noda hilang barulah dibersihkan jamurnya  seperti membersihkan pada kayu yang dicat.

Jamur pada sela-sea ubin; Jamur tumbuh pada tempat yang lembab tidak terkena sinar matahari. Jamur bisa tumbuh di kamar mandi, emper mobil, lantai teras yang lembab. Jamur yang tumbuh dalam material yang tidak berpori walau terlihat lebih menjijikan tapi mudah dibersihkan.

Untuk ubin, terlebih dahulu ubinnya digosok dan digosok pula bagian sela-selanya yang kondisinya sudah ditumbuhi jamur. Lalu gunakan cairan pembersih jamur pada lantai. Sebelum lantai dibilas atau disiram dengan air terlebih dahulu diamkan selama kira-kira 10 menit. Jika lantainya masih meninggalkan noda, ke dalam  cairan pemutih, rendamlah paper towelnya, kemudian paper towel ditempel pada lantai dan biarkan sesaat ada permukaan ubin yang ingin dibersihkan. Lantaipun terbebas dari jamur dan noda.

Jamur pada langit-langit rumah ; Jamurpun bisa tumbuh pada langit-langit rumah yang terlalu lembab. Langit-langit akan rusak dan meninggalkan nod yang tak sedap dipandang mata bila jamur yang tumbuh di langit-langit rumah tidak segera dibersihkan saat pertama kali muncul.

Cara membersihkan jamur yang menempel pada langit-langit rumah yang berjamur adalah terlebih dahulu kikis bagian langit-langit yang ditumbuhi jamur menggunakan alat pengerok cat atau kape, setelah dikikis lau bubui area berjamur dengan cairan pembersih jamur, selanjutnya keringkan, setelah kering gosok dengan amplas, dan terakhir cat langit-langit agar terlihat cantik kembali.

Agar jamur tidak tumbuh kembali pada langit-langit rumah segera lakukan perbaikan atap bila ada atap yang bocor. Karena atap yang bocor juga menjadi salah satu penyebab tumbuhya jamur pada langit-langit rumah. Jika sedikit jamur yang nampak di langit-langit rumah ini menandakan lebih banyak jamur tumbuh pada sisi lain. Perbaikan dan perawatan sedini mungkin akan membuat langit-langit rumah terhindar dari kerusakan lebih parah akibat dari jamur.

Artikel mengenai “Cara Mengusir Jamur dari Rumah pada Musim Hujan” semoga bisa memberi gambaran bahwa jamur jika tidak segera diusir dari rumah akan membuat benda menjadi cepat rusak dan benoda.  Cara mengusir jamur dari rumah berdasarkan langkah-langkah di atas  cukup mudah bukan?. Upaya pembersihan sedini mungkin adalah tindakan yang bijaksana. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply