Cara Menyimpan Daging dan Ikan Supaya Tahan Lama

Sifat daging itu mudah busuk, maka jika ingin daging awet lebih lama harus dilakukan dengan  cepat pembekuan. Dalam membekukan makanan berupa daging sapi, ikan dan daging ayam, agar daging tetap segar dan tidak busuk itu membutuhkan teknik tersendiri dalam melakukan pembekuan. Ketika bahan makanan lebih awet, tentunya menjadi lebih praktis dan lebih hemat dalam memangkas pengeluaran rumah tangga.

Daging sapi, ikan, dan daging ayam dalam membekukannya harus dilakukan dengan cepat agar tidak terlanjur busuk  dan suhu agar tidak panas. Akan terasa manfaatnya membekukan makanan dengan cara yang tepat . Bahan berupa daging harus terlebih dahulu ke dalam lemari es jika proses pembekuan belum siap. Dalam membekukan daging atau ikan yang harus diperhatikakan adalah kestabilan suhunya. Suhu freezer dianjurkan di -18 derajat celcius dengan kondisi stabil. Mutu bahan makanan menjadi menyusut secara berlebihan saat dicairkan  atau malah menjadi kering  jika suhu di dalam lemari es tidak stabil.

Jika anda ingin membekukan ikan juga, ada hal yang perlu diperhatikan agar ikan tidak mudah busuk. Berikut langkah-langkahnya:

  • Ikan harus dicuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih sebelum dibekukan
  • Cara membersihkan ikan, sisik ikan dibersihkan, lalu bersihkan pula isi perutnya. Bila anda tidak menginginkan kepala ikan, potong kepala ikannya.
  • Buang tulang dan durinya sekaligus atau fillet bila anda hanya membutuhkan dagingnya saja
  • Bila ikan dibersihkan terlebih dahulu ebelum dimasukkan dalam flezeer, ikan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama dengan mutu yang tetap bagus saat pembekuan. Ikan bisa bertahan sekitar delapan bulan jika ikan dibekukan dengan benar. Untuk jenis ikan salmon dan tonggkol biasanya bisa bertahan sekitar tiga sampai empat bulan.

Berikutnya langkah-langkah cara membekukan daging yang benar

Tips membekukan daging sapi adalah sebagai berikut:

  • Potong daging sapi segar sesuai kebutuhan
  • Potong bagian lemak yang menempel dan pisahkan tulangnya. Kenapa harus dipisahkan?, karena lemak membuat daging cepat tengik bila disatukan.
  • Lamanya sekitar enam  sampai dua belas bulan daging dapat disimpan di dalam lemari es.  Namun khusus daging yang banyak mengandung lemak itu kurang bisa bertahan lama.

Tips membekukan Daging ayam adalah sebagai berikut:

Ada perbedaan cara menyimpan daging sapi dengan daging ayam. Untuk lebih jelasnya berikut caranya:

  • Sebaiknya ikan dipilih yang segar, tidak berbau dan tidak memar.
  • Bagian-bagian ayam seperti paha,dada,sayap,kulit dan jeroan dipisahkan
  • Sifat jeroan mudah rusak, oleh karena itu jangan membekukan jeroan dalam satu kemasan dengan bagian ayam lainnya.
  • Ayam jika dibekukan bisa bertahan selama 12 bulan, sementara jeroan bertahan lebih singkat yaitu sekitar 3 bulan lamanya.

 Demikianlah “Tips  Membekukan Daging dan Ikan yang Benar agar Tidak Mudah Busuk”, cukup mudah untuk melakukannya. Semoga bermanfaat…