Cara Mudah Agar Anak Rajin Belajar

Orang tua manapun menginginkan anaknya tumbuh cerdas. Namun anak pintar itu tidak datang dengan sendirinya melainkan harus diasah terus. Anak yang teori anak cerdas karena dua faktor, yang etama fakrot genetik atau keturunan dan yang kedua karena faktor lingkungan. Tapi sebenarnya walaupun misalnya secara genetik anak pintar atau cerdas maka akan sia-sialah kecedasannya. Lingkungan dimana anak itu dibesarkan akan turun mendudukung kecerdasan anak. Lingkungan yang baik dan menunjang bis juga membuat anak menjadi cerdas. Ada yang bisa anda lakukan agar anak anda perkembangan otaknya brilian.

Biasakan dan biarkan anak mendapatkan pengetahuan melalui beberapa saluran TV

Banyak manfaat yang didapat anak dari menonton TV.Pilihkan acara TV yang isinya positif untuk menambah wawasan pengetahuan terutama yang ada kaitannya dengan pendidikan.Orang tua harus mendorong anak untuk mau menonton TV pendidikan sehingga dapat meningkatkan pengetahuaan dalam mata pelajaran yang relevan dengan pelajaran sepeti pelajaran sejarah, ekonomi, geografi dan lain-lain. Biarkan TV yang sedang tayang tentang pendidikan menyala di depan anak kemudian rangsang anak dengan stimuli yang baik sehingga menimbulkan minat anak untuk terus mau menonton acara tersebut sambil bersantai. Kalau anak sudah merasa terbiasa menonton TV tentang pengetahuan, bisa dibayangkan akan besar manfaat yang didapat anak sehingga wawasan anak menjadi luas dan tntunya menjadi lebih cerdas.

Adanya komunikasi interaktif

Setiap hari, orang tua harus mengkondisikan selalu dekat anak. Jalin komunikasi yang baik misalnya sepulang sekolah beri perhatian dengan beberapa pertanyaan ringan mengenai bagaimana tadi pelajaran di sekolah, apakah ada yang tidak dimengerti, ada PR tidak, lalu bimbing anak sebisa mungkin untuk bisa menyelesaikan dan memahami apa yang belum dimengerti dengan penuh kesabaran. Atau bisa jadi jalan keluarnya bila orang tua merasa kesulitan mengatasi soa-soal anaknya di sekolah karena harus bekerja dengan mengikuti bimbel. Tapi walau ikut bimbel turut juga mematau pelajaran yang didapat dari bimbel sehingga yang terpenting komunikasi antara anak dan orang tua tetap terjalin dengan baik. Orang tua yang bijak selalu mengambil tindakan tertentu yag terbaik untuk anak bila anak mendapatkan kesulitan dalam belajar.

Anak jangan dimarahi

Ada orang tua yang selalu marah bila anaknya mendapat nilai yang tidak  memuaskan. Hal itu tidak baik untuk psikis anak karena akan membuat anak merasa tertekan dengan beban nilai yang harus selalu tinggi. Nantinya anak akan merasa tidak nyaman dengan prilaku orang tua yang selalu memarahinya bila mendapat nilai tidak bagus. Hal yang sebaiknya dilakukan orang tua untuk mendukung anak supaya mendapat nilai bagus adalahmemotivasi belajar dan belajar. Dan jika sudah belajar tapi kenyataan nilainya belum sempurna terus dukung dangan membantu memperbaiki nilainya dan dimotivasi terus sampai berhasil sehingga anak juga terpacu untuk mendapat nilai yang excellent.

Demikianlah artikel “Cara Mudah Agar Anak Rajin Belajar” dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang baik kepada anak sehingga dengan pembiasaan tersebut menjadikan anak rajin belajar dengan mudah. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply