Hal-hal Yang Perlu Dihindari Setelah Operasi Caesar Agar Cepat Pulih

Pada sebagian ibu, proses melahirkan akan terasa sangat melelahkan dan sangat menyita tenaga. Meski demikian seketika juga semua rasa sakit dan lelah akan mendadak sirna begitu mendengar tangisan pertama buah hati. Karena memang tak diragukan lagi, bagi sang ibu, melahirkan merupakan momen yang paling mendebarkan sekaligus isimewa yang tidak bisa dibandingkan dengan peristiwa apapun.

Setelah proses melahirkan, perempuan pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan tenaga dan vitalitas dirinya, terutama bila sang ibu menempuh prosedur caesar. Prosesur melahirkan dengan caesar alias C-section untuk proses penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan melahikan normal-spontan.

Setelah  seorang ibu melahirkan dengan prosedur caesar, untuk mempercepat  peneymbuhan area operasi disaaran memiliki banyak waktu beristirahat dan tidak melakukan aktivitas yang berat dulu.

Hindari ini, agar Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar :

1.Tidak boeh melakukan aktivitas berat

Perempuan setelah melakukan operasi caerar, benar-benar harus menghindari latihan fisik intensif yang dapat membuat dirinya lelah. Juga harus menghindari pekerjaan rumah yang menuntut ibu pasca melahirkan bergerak terlalu ekstrem.

2.Tidak boleh mengangkat benda-benda berat

Ibu setelah melahirkan terutama pada minggu pertama setelah operasi aesar, tidak boleh mengangkat benda yang beratnya lebih dari berat bayinya.

3. Hindari dehidrasi

Sangat penting bagi perempuan setelah melahirkan melalui operasi caesar untuk menjaga dirnya agar terus terhidrasi dengan mengonsumsi cairan yang banyak agar tidak mengalami sembelit dan tetap berenergi.

4. Menghindari naik turun tangga

Perempuan yang melahirkan dengan prosedur caesar sebaiknya menghindari naik turun tangga. Karena dengan naik turun tangga bagi perempuan yang baru melahirkan caesar akan menyebabkan kelelahan dan dampak buruknya bisa menyebabkan pendarahan dan memperburuk luka operasi.

5. Sebaiknya hindari berhubungan seksual

Untuk perempuan yang baru melahirkan caesar, sekitar dua sampai tiga minggu setelah operasi caesar sebaiknya menghindari berhubungan seksual terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan aktivitas tersebut akan merusak jahitan dan mengakibatkan komplikasi.

6. Hindari mengonsumsi makanan berminyak dan pedas.

Mengonsumsi makanan pedas dan berminyak bagi ibu yang bru melahirkan setelah operasi caesar dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mempengaruhi proses pemulihan pada ibu. Untuk mempercepat penyembuhan disarankan anda mengonsumsi makanan sehat.

7. Tidak mandi terlalu lama

Untuk menghindari terjadinya infeksi, berlama-lama di kamar mandi harus benar-benar dihindari selama beberapa hari pertama setelah operasi caesar. Untuk itu anda sangat disarankan mandi dengan cepat atau membersihkan tubuh dengan cara berseka saja.

Demikian tema mngenai “Hindari ini, agar Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar” telah penulis sampaikan, semoga artikel diatas bermanfaat bagipembaca khususnya bai ibu yangg baru melhaikan setelah operasi caesar.