Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes Untuk Menjaga Kadar Gula Darah

Penderita diabetes memiliki gaya hidup yang berbeda dengan orang normal, khususnya dalam hal makanan. Kadar gula darah pada pasien diabetes perlu dijaga ketat agar tetap normal. Salah satu cara untuk menjaga kadarĀ  gula dalah adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Apa saja makanan-makanan yang harus dihindari tersebut? Berikut ini adalah makanan yang wajib dihindari oleh penderita diabetes.

makanan-yang-harus-dihindari-penderita-diabetes

Nasi Putih

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi nasi putih. Hal ini diperkuat dengan berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi nasi putih dapat memicu diabetes. Ini disebabkan karena nasi putih mengandung zat tepung yang memiliki indeks glikemik tinggi. Oleh sebab itu, penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang satu ini dan menggantinya dengan makanan lain.

Kentang

Walaupun sayuran yang satu ini tergolong menyehatkan, kentang ternyata juga mampu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Agar kondisi pasien diabetes tidak semakin parah, maka makanan ini juga sebaiknya dihindari.

Pasta Putih

Makanan ini terbuat dari tepung putih yang sudah dicampur dengan bahan lain yang tidak ramah bagi tubuh. Sifat makanan ini mudah dicerna sehingga dapat menaikkan kadar gula daram darah. Bahkan, memasak pasta terlalu matang juga dapat memperparah diabetes.

Saus Tomat

Saus biasanya digunakan agar makanan menjadi lebih nikmati. Saus tomat memiliki rasa yang asam dan seolah-olah aman untuk penderita diabetes. Tetapi, bahan yang terkandung di dalam saus ternyata tidak baik untuk kadar gula.

Roti

Percaya atau tidak, makana yang dibuat dari tepung tepung putih ini juga merupakan salah satu penyebab diabetes. Tepung putih diketahui dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat.

Jus Buah

Pada penderita diabetes, kadar gula darah sudah cukup tinggi. Padahal jus mengandung gula yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, jus juga perlu dihindari

Pemanis Buatan

Banyak yang menganggap bahwa pemanis buatan tidak berbahaya untuk kesehatan. Tetapi, makanan dan minuman yang ditambah dengan pemanis buatan dapat berdampak negatif bagi penderita diabetes. Sebaiknya hindari menggunakan pemanis buatan untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil.