Beberapa Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Mentimun mempunyai banyak nutrisi bukan hanya sekedar air dan elektrolit saja, bahkan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk diet seimbang juga terdapat dalam sayur mentimun tersebut. Luar biasa banyak kandungan dari mentimun yang sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun  kulit.

Mentimun mengandung rendah lemak jenuh, kolestrol, rendah kalori,sodium, magnesium dan fosfor, tinggi kalium, seng, vitamin C, vitamin K dan banyak lagi kandungan lainnya yang semua nutrisi ini sangat bermanfaat pula untuk kesehatan tubuh.

Mentimun memiliki 90% air dengan esessial  nutrisi, seperti  vitamin C dan cairan caffeic. Dengan kandungan yang dimiliki mentimun tersebut ini bisa berfungsi  untuk melembabkan kulit membuat kulit menjadi sehat  dan mencegah dehidrasi.

Beberapa manfaat lain dari mentimun sebagaimana dilansir Boldsky, Kamis 3 Maret 2016 antara lain :

  1. Merawat sunburn ; Mentimun ini membuat kulit menjadi rileks dan menghilangkan iritasi karena mentimun merupakan bahan utama untuk mengatasi dampak kulit terpapar sinar matahari. Cara perawatannya, mentimun dipotong-potong kemudian letakan potongan mentimun tersebut di area yang terinfeksi.
  2. Menghilangan selulit; selulit sering muncul di bagian perut dan kaki. Cara perawatannya, jus mentimun dicampur madu kemudian dibalurkan ke area selulit. Perawatan tersebut akan membantu untuk mengncangkan selulit.
  3. Mencerahkan kulit anda; salah satu manfaat dari mentimun ini dapat mencerahkan warna kulit. Caranya; mentimun dicampurkan dengan jus lemon. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

Demikian 3 manfaat mentimun yang dilansir darri Boldsky.

Mentimun disamping tiga manfaat di atas, masih banyak lagi yang bisa kita ambil manfaatnya, diantaranya:

Manfaat mentimun untuk kesehatan :
  1. Mengatasi sembelit; Mengkonsumsi mentimun bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Mentimun sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolestrol  jenuh. Kalori yang terkandung dalam mentimun itu hanya  1 gram kalori per 100 gram.
  2. Serat makanan yang tinggi yang terdapat pada kulit mentimun dapat mencegah gangguan lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus, mencegah gangguan pencernaan dan juga mengurangi sembelit.
  3. Membantu fungsi ginjal; Mengkonsumsi mentimun setiap hari dapat melarutkan batu ginjal. Kandungan air dalam mentimun dapt membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil yang merupakan penyembuhan yang berkaitan dengan kandung kemih dan ginjal.
  4. Membantu pencernaan; Enzim erepsin yang terdapat dalam mentimun  membantu untuk pencernaan protein. Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, tukak lambung bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi mentimun atau jus mentimun secara rutin setiap hari.
  5. Mengurangi tekanan darah tinggi;  sumber kalium potassium terbaik yaitu 147 miligram kalium per 100 gram terkandung dalam sayuran ini yang bermanfaat mengurangi tekanan darah tinggi.
  6. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji mentimun memiliki sifat anti inflamasi untuk mengobati pembengkakan selaput lender hidung dan tenggorokan.
  7. Ekstrak mentimun bisa mengurangi peradangan  yaitu  mencegah  produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan  oleh  enzim inflamasi pro seperti cyclo-oxyense.
  8. Pembersih radikal bebas;  Mentimun mengandung aktiioksidan. Senyawa antioksidan seperti karoten, zea-xanthin dan lutein berfungi sebgai pembersih radikal bebas yang menyebabkan penuaan.
  9. Mengurangi resiko kanker; Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan nya sangat terkit dengan pengurangan resiko mengembangkan beerapa jenis kanker seperti kanker Rahim, kanker payudara, kanker usus, kanker prostat, kanker ovarium. Bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan dan ditangkap oleh lignan ketika kita mengkonsumsinya dan diubah menjadi enterolignans yang mengikat ke reseptor estrogen untuk mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker ini.
  10. Bagi pasien diabetes, jus timun ini sangat bermanfaat karena jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas dalam memproduksi insulin. Kandungan tembaga dalam meentimun juga bermanfaat untuk membantu menghasilkan sel darah yang sehat dan dalam tubuh meningkatkan sirkulasi darah.
  11. Menyembuhkan mabuk dan sakit kepala; karena mentimun membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun ddari asupan alcohol. Caranya dengan memakan irisan mentimun ini sebelum tidur maka intensitas mabuk dan sakit kepalanya akan berkurang.
  12. Mencegah timbulnya bau mulut; Mentimun ini mengandung fitokimia yang akan mematikan bakteri pnyebab bau mulut. Pemakaiannya dengan seiris mentimun ditekan ke langit-langit mulut dengan lidah selama kurang lebih 30 detik. Mentimun mentah dapat meningkatkan air liur dan membawa netralisasi asam dan alkali dalam rongga mulut. Jus mentimun ini juga bisa untuk mengobati gusi.
  13. Menghilangkan racun;  kandungan air 95 % dari mentimun bisa menghilangkan racun dan menghidrasi tubuh. Kadar air yang terkandung dalam mentimun yang sangat tinggi ini bisa bekerja sebagai pembersih sistem dan mengeluarkan produk limbah dalam tubuh.
  14. Mentimun yang mengandung vitamin k ini bemanfaat untuk memperkuat tulang dengan mepromosikan orthotropic. Mentimun ini juga bermanfaat untuk kesehatan sendi karena ada kandungan silica di dalamnya. Juga merupakan sumber kalsium  yang baik sehingga cocok untuk diet vegan.
  15. Mentimun mengandung tembaga yang berfungsi untuk membantu menghambat  penyakit  Alzheimer dengan membatasi kerusakan netral dalam otak.
  16. Mentimun dapat mengatur tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah dari sifat diuretic ringan karena kandungan kalium dan kadar air yang tinggi.
  17. Untuk pereda stress, menenangkan dan melemaskan otot-otot indera dari uap yang dihasilkan saat mendidihkan mentimun.
Manfaat mentimun untuk kulit :
  1. Untuk mengencangkan kulit; masker wajah yang terbuat dari sari mentimun dapat berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.
  2. Untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata; Mentimun mengandung asam askorbat dan asam cafeic yang bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan bisa meminimalisasikan kantung mata.
  3. Untuk mengobati luka bakar; Mentimun diiris atau dihaluska kemudian diterapkan pada kulit yang terbakar karena sinar matahari.
  4. Dapat meningkatkan peremajaan kulit dan mencerahkan kulit; Jus mentimun dicampur dengan beberapa tetes jus lemon lalu digunakan sebagai masker di wajah. Hal tersebut dapat memperbaiki kulit wajah.
  5. Membuang selulit pada paha; Terapkan pasta tebal pada daerah selulit. Pasta tersebut dari campuran beberapa sendok kopi bubuk, jus mentimun dan madu, setelah di terapkan pada daerah selulit kemudian bungkus dengan kain kurang lebih 30 menit kemudian kelupas secara perlahan.
  6. Untuk mengobati bintik-bintik dan noda hitam; caranya, mentimun diparut atau dijus lalu diterapkan pada seluruh wajah. Masker tersebut juga bisa mengurangi keriput di wajah.
  7. Mengurangi munculnya lingkaran hitam; Mentimun diiris terlebih dahulu lalu tempatkan irisan mentimun itu pada mata kurang lebih 20 menit atau merendam dua bola kapas ke dalam jus mentimun kemudian tempatkan pada mata, maka lingkaran hitam tersebut akan memudar.
  8. Biji dari mentimun yang kaya vitamin E dan kalium akan membantu mengurangi garis halus, keriput, dan noda hitam dari penuaan.
  9. Mentimun memiiki kandungan 95 % air dapat berguna untuk melembabkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Dari pemaparan di atas mengenai beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan dan kulit, dapat diambil kesimpulan bahwa semua kandungan yang terdapat dalam mentimun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kulit, tetapi juga dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh, semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi pembaca.