Media Pembelajaran Bahasa Inggris

3 Jenis Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD

 

Media pembelajaran bahasa Inggris memang sangat penting dan sudah seharusnya digunakan secara regular dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dewasa ini, bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang utama sehingga membuatnya menjadi hal wajib yang harus dikuasai siswa. Baik itu siswa SD, SMP, maupun SMA tentu saja harus mendapatkan media pembelajaran yang tepat agar mereka mampu mencapai target pembelajaran bahasa Inggris. Di bawah ini, kami akan memberikan 3 jenis media pembelajaran bahasa Inggris SD yang patut untuk Anda coba.

Media-pembelajaran-bahasa-Inggris

Puzzle

Merupakan sebuah jenis media yang umum digunakan. Dalam konteks ini, Anda bisa menciptakan puzzle yang dikhususkan untuk meningkatkan kosakata anak melalui gambar-gambar tertentu. Misalkan, terdapat sebuah spot puzzle yang khusus digunakan untuk binatang. Pada ruang yang belum terisi, anak Anda akan membaca sebuah kata mengenai binatang tertentu. Sehingga, anak akan membacanya dan kemudian Anda menginstruksikan untuk mengambil potongan puzzle bergambar binatang tertentu. Lakukan hal ini secara berulang-ulang hingga anak menemukan sistem hafalan kosakata yang baik.

Musik

Seorang anak tentu saja amat senang jika mendengarkan musik terutama yang kosakatanya mudah plus dengan irama menarik. Putarlah sebuah lagu berbahasa Inggris khusus untuk anak dan buatlah semacam peragaan mengenai lagu tersebut. Misalkan, ada sebuah lagu yang secara khusus membahas mengenai anggota tubuh si anak, maka Anda bersama anak dapat mengikuti lagu tersebut dengan menyentuh bagian tubuh yang diucapkan oleh penyanyi di dalam lagu.

Pensil warna

Anda bisa mengajarkan banyak hal mengenai bahasa Inggris menggunakan pensil warna. Contohnya, Anda bisa mengajarkan beragam kosakata mengenai warna, kata sifat, pronoun, dan beragam hal lain. Kalau Anda ingin mengajarkan kosakata mengenai warna, maka caranya adalah dengan menyebutkan terlebih dahulu beberapa warna sambil memegang pensil dengan warna yang sesuai. Instruksikan anak untuk mengikuti apa yang Anda katakan dan buat ia hafal serta mengetahui warna tanpa harus melihat dan membaca tulisan yang ada.

3 jenis media pembelajaran bahasa Inggris yang ada di atas dipercaya mampu membantu anak SD dengan sangat baik. Selamat mencoba.

4 thoughts on “Media Pembelajaran Bahasa Inggris”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>