Motivasi Belajar Siswa

Kiat Jitu Membangun Motivasi belajar siswa 

Motivasi belajar siswa adalah hal yang sangat penting. Tanpa sebuah motivasi yang tinggi, anak tentu saja merasa malas untuk membuka buku, mengerjakan PR, atau untuk sekedar mengulang pelajaran. Dalam konteks ini, seorang guru dan orang tua menjadi elemen yang penting untuk menghadirkan motivasi belajar bagi seorang anak. Kemudian, bagaimana langkah terbaik dalam menghadirkan motivasi belajar siswa? Kami memberikan ide kepada Anda. Yuk, kita simak poin-poin berikut.

Motivasi belajar siswa

Bukalah dengan senyuman manis plus rayuan

Banyak guru dan orang tua yang memberikan instruksi kepada anak dengan cara yang kurang tepat. Mereka kaku, menyuruh dengan kasar, bahkan marah jika anak tidak menuruti kehendaknya. Coba ubah perilaku Anda dan mulai bicara dengan lembut. Berikan perintah kepada anak dengan senyuman, dan buat dia menghormati Anda bukan karena takut. Ajak secara perlahan dan berperilakulah dengan sabar apabila ia sedang manja atau malas belajar.

Berikan materi dengan kapasitas kecil

Anak tidak menyukai hal sulit. Karena yang mereka inginkan adalah belajar dengan mudah, cepat, dan pada akhirnya pergi bermain. Untuk menyiasatinya, Anda cukup memberikan materi satu jenis saja dan berada pada kapasitas yang kecil. Anak sangat tidak menyukai apabila Anda terlalu lama mengajaknya mengerjakan soal, memberikan penjelasan, dan mengulangi kembali materi yang ada. Ingat, cukup satu jenis materi dan buat dalam kapasitas kecil.

Memberikan hadiah? Tentu saja boleh

Sesekali, kalau Anda letih dan tidak terlalu ingin memberikan rayuan kepada anak, maka hadiah merupakan solusi terbaik. Janjikan anak sebuah hadiah apabila ia mampu mengerjakan PR dengan baik, maju ke depan kelas, atau lebih memilih belajar ketimbang bermain. Dengan cara ini, anak akan menyukai pembelajarn secara sedikit demi sedikit. Namun jangan memberikan hadiah dengan periode yang sering, karena anak bisa saja ketergantungan.

Berikan apresiasi selain hadiah real

Selain hadiah, Anda juga bisa memberikan pujian sebagai bentuk apresiasi kepada anak ketika ia rajin belajar. Pujilah anak apabila ia berhasil menjawab soal meskipun masih salah, atau berikan tepuk tangan apabila seorang anak berani maju di depan kelas. Apresiasi semacam itu, mampu membangkitkan motivasi anak untuk terus maju serta berkembang.

4 kiat jitu membangkitkan motivasi belajar siswa di atas, semoga mampu menginspirasi Anda.

Leave a Reply