Penghilang Bau Amis Pada Ikan

Bila ikan berbau amis, tentu akan sangat berpengaruh pada rasa dari ikannya dan akan mengganggu selera makan sebagai akibat dari bau amis yang tidak sedap. Tapi jangan khawatir, ada yang harus anda ketahui bahan penghilang bau amis pada ikan yang dapat anda pilih untuk digunakan dalam mengatasi bau amis dari ikan. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

1.Susu

Yang perlu anda lakukan dengan bahan susu tersebut adalah ikan direndam dalam susu lalu setelah itu bilas. Susu diketahui bisa membantu menyerap bau amis dari makanan laut. Dan setelah dihilangkan bau amisnya, anda tinggal mengolah ikan dengan cara apapun yang anda inginkan.

Zat dalam susu yaitu kasein akan berikatan dengan trimetilamin oksida, zat kimia yang mengarah kepada bau amis sehingga dapat mengurangi bau amis pada ikan bahkan dengan susu bau amis pada ikan akan hilang.

2.Campuran dari garam, bubuk kunyit dan tepung maizena

Di India, ini merupakan trik lama yang sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya dengan mencampurkan garam, bubuk kunyit dan tepung maizena, setelah itu balurkan campuran tersebut ke seluruh permukaan ikan dan minimal selama 30 menit diamkan, lalu ikan cuci dengan air yang mengalir. Untuk selanjutnya ikan siap dimasak dengan berbagai olahan.

Kunyit merupakan bahan yang baik untuk menghilangkan bau amis pada ikan dengan sangat efektif dan anda tidak perlu khawatir tentang rasa ikannya.

3.Campuran baking powder, cuka, dan lemon

Ketiga bahan ini yaitu baking powder, cuka, dan lemon bila dicampurkan bisa membantu untuk menurunkan bau amis pada ikan sekitar 50 persen. Caranya cukup sederhana, campurkan baking powder, cuka, dan lemon dengan air segar kemudian ikan direndam  sekitar lima menit. Lalu ikan dikeluarkan dari rendaman bilas dan keringkan ikan menggunakan handuk kertas. Setelah itu ikan tinggal dimasak.

4.Menggosok dengan abu kayu

Abu kayu sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada jenis ikan seperti belut dan lele. Cara menghilangkan bau amisnya dengan menggosokkan abu bayu ke seluruh badan ikan sampai ikan bersih dari lendir. Diketahui bahwa lendir pada ikan itu bisa menghasilkan bau amis pada saat dimasak.

Jika tidak memiliki abu kayu, anda bisa mengunakan air panas. Caranya, siram ikan dengan air panas yang mendidih  setelah itu anda ambil pisau lalu bersihkan lendir ikan dengan menggunakan pisau.  Menghilangkan lendir pada ikan itu memiliki efek luar biasa pada aroma ikan.

5.Jahe

Jahe diketahui memiliki fungsi untuk menambah rasa, menghilangkan alergi pada ikan dan menghilangkan racun. Ada satu lagi fungsi jahe yang dapat kita manfaatkan, yaitu jahe juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya; jahe dihancurkan terlebih dahulu lalu gosok seluruh permukaan ikannya.  Sebelum dimasak, biarkan dulu sekitar 30 menit.

6.Gula

Gula bisa anda coba juga untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya; seluruh badan ikan dilumuri gula lalu diamkan sekitar 3 sampai 5 menit. Setelah itu ikan dicuci sampai bersih. Di samping gula ada bahan lain juga yang bisa anda gunakan yaitu minyak wijen.  Diketahui bau amis bisa hilang dengan sangat cepat bila menggunakan minyak wijen.

Leave a Reply