Resep Membuat Bolu Batik

“Yuk, kita coba resep membuat bolu batik di rumah!” Bolu batik sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kue bolu pada umumnya bahannya  dasarnya terdiri dari telur, tepung terigu, gula pasir dan lain lain.  Yang membedakan mungkin motifnya yang terlihat lebih cantik karena  menyerupai batik, Mengenai rasanya juga sama ya, yaitu manis, legit, lembut di lidah. Untuk reesep bolu batik ini dibuatnya dengan cara dikukus bukan dipanggang, seperti umumnya bolu kukus ada tambahan santan sebagai pengganti mentega kalau dipanggang. Santan membuat bolu kukus terasa gurih lembut. Cocok disajikan untuk segala usia karena teksturnya lembut. Bila ada waktu luang tak ada salahnya untuk mencoba resep tersebut di rumah, sangat mudah kok membuatnya.  Berikut  resep cara membuat bolu batik :

Bahan-bahannya:

6 butir telur ayam

200 gram tepung terigu (diayak terlebih dahulu)

200 gram gula pasir

125 ml santan

1 sendok makan tepung maizena

20 gram cake emulsifier

setengah sendok teh baking powder

Pasta cokelat secukupnya

Pewarna kuning secukupnya

Bahan untuk isiannya :

175 gram keju parut

100 gram butter cream yang siap pakai

Cara membuatnya :

  • Terlebih dahulu siapkan motif batik apa yang akan dibuat, bentuk batiknya bisa menyesuaikan sesuai selera demikian juga dengan kombinasi warnanya.
  • Siapkan loyang ukuran 25×25 cm, alasi dengan kertas rot dani tidak perlu diolesi mentega.
  • Masukan gula pasir dan telur ke dalam adonan lau kocok hingga lembut, lalu masukan cake emulsifier, kocok kembali hingga mengembang kaku berwarna agak keputih-putihan.
  • Lalu masukan tepung terigu, baking powder, tepung maizena, aduk semua bahan hingga rata.
  • Ambill sedikit saja adonan, lalu adonan yang sedikit itu diberi pewarna kuning dan pasta coklat, aduk hingga merata warnanya.
  • Ambil loyang lalu buat motif dengan ke dua warna tersebut (pasta coklat dan kuning) , kukus selama kurang lebih 5-7 menit. Angkat. Sisa dari adonan tadi dituang diatasnya lalu kukus kembali hinga matang kurang lebih 10 menit. Untuk lebih memastikan matang tidaknya, anda bisa menusuk kue bolu tersebut dengan tusukan sate atau lidi. Bila kue bolu ketika ditusuk kuenya tidak menempel di tusukan sate itu berarti kue bolu sudah matang. Lalu angkat, keluarkan dari loyang  dan tunggu hingga kue bolu dingin
  • setelah kue bolu dingin, olesi kue bolu dengan butter cream secara  merata lalu taburi keju parut di atasnya dengan merata.
  • Kue bolu digulung dengan hati-hati hingga rapi dan padat.
  • potong kue bolunya…….sajikan.