Sarapan Pagi Mampu Tingkatkan Kecerdasan

Sarapan pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh baik fisik maupun psikologi. Banyak pelajar yang malas untuk sarapan pagi dengan berbagai alasan. Padahal jika anak melewatkan sarapan pagi sebelum memulai aktivitas itu sangat berpengaruh terhadap daya konsentrasi  saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebagai orang tua yang mengerti betul akan manfaat sarapan pagi, sebaiknya selalu membiasakan anaknya untuk tidak meninggalkan sarapan pagi karena anak-anak yang yang tidak mau sarapan pagi pada umumnya karena kebiasaaan yang dilakukan sejak lama. Untuk itu sebagai orang tua yang memang merupakan kewajiban dalam mendidik anak di rumah supaya anak mau sarapan pagi senantiasa anak diberi pengertian akan pentingnya sarapan pagi. Sarapan pagi harus memenuhi sepertiga dari kebutuhan kalori atau sekitar 600 Kkal karena untuk anak-anak dan remaja, kebutuhan kalori setiap hari 1.900 Kkal hingga 2.100 Kkal.

Sarapan pagi kalau seumpama, mengonsumsi 100 gram nasi dengan lauknya telur dadar dan pisang satu potong serta minumannya teh manis, itu sudah mewakili sepertiga kalori dalam seharinya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan mengamati anak-anak yang sarapan pagi secara rutin dalam jangka waktu enam bulan, diperoleh hasil adanya peningkatan IQ point sebesar 10 hingga 11 IQ point. Dengan data tersebut  selaku orang tua di samping memberi pengertian akan pentingnya sarapan pagi supaya anak mau dan menjadi terbiasa sarapan pagi adalah dengan memberi contoh yang baik untuk sarapan pagi secara rutin.

Kenapa harus sarapan pagi sebelum jam 9 pagi?anak dianjurkan sebisa mungkin untuk sarapan pagi sebelum sekolah atau paling lambat sebelum pukul 09.00 WIB karena bila perut kosong selama 8 jam hingga 10 jam itu gula darah akan turun. Bisa dihitung lamanya dari kebiasaan anak-anak tidur sekitar jam 21.00-22.00 WIB kalau pagi tidak sarapan berarti sekitar 8 -10 jam perut kosong. Kalau sempat diusahakan menunya kreatif agar anak tidak merasa bosan.

Dampak buruknya dari melewatkan sarapan pagi, biasanya mata akan berkunang-kunang bahkan lebih buruk lagi bisa pingsan di sekolah akibat dari menurunnya gula darah. Karena fungsi dari sarapan pagi itu untuk menormalkan gula darah. Manfaat baik yang didapat dari sarapan pagi jika gula darah normal, orang dewasa bisa berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas. Sedangkan untuk anak-anak dan remaja tentunya bisa berkonsentrasi dalam belajar di sekolah sehingga kecerdasan meningkat.

Maka sarapan pagi itu merupakan suatu keharusan supaya anak-anak tidak pingsan karena otak kekurangan gula darah dan orang dewasa pun sama harusnya sarapan pagi mengingat beban kerja yang sangat tinggi. Jadi untuk segala usia sarapan pagi itu harus dibiasakan mengingat sangat besar manfaatnya.

Semoga artikel mengenai “Sarapan Pagi Mampu Tingkatkan Kecerdasan”. Membuat pembaca tergerak untuk membiasakan sarapan pagi terutama bagi orang tua yang mempunyai buah hati supaya kecerdasasan meningkat karena dengan sarapan pagi membuat anak mampu berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

No Responses

  1. Pingback: Melatih Kecerdasan Batita | BELAJAR YUK April 3, 2016

Leave a Reply