Tanaman Rempah yang Bisa Ditanam di Rumah

Tanaman rempah sangat banyak khasiatnya. Tanaman rempah dapat berkhasiat sebagai obat tradisional keluarga. Khasiat lainnya dari tanaman rempah adalah bisa digunakan sebagai bumbu dapur untuk membuat masakan menjadi lebih lezat dan memberikan aroma yang bisa menggugah selera makan keluarga.

Setelah mengetahui ada khasiat yang bisa diambil dari tanaman rempah. Tentu anda berminat untuk menumbuhkan tanaman rempah tersebut di rumah. Tanaman rempah itu sangat mudah menanamnya, bisa di halaman rumah bisa juga di pot sekalipun. Ada banyak rempah yang bisa ditanam seperti; kunyit, kencur, jahe, kunyit putih, kunci, tmu lawak, serai, lengkuas, kunyit hitam, bawang merah, lengkuas, basil, rosemary, dan masih banyak yang lainnya. Berikut tanaman  rempah yang bisa ditanam di rumah baik di halaman maupun di pot:

Daun oregano

Daun oregano ini sepintas bentuknya mirip daun basil, namun aroma yang dimiliki oleh daun oregano ini lebih tajam dan memiliki aroma yang khas. Daun ini bisa didapatkan dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk daun segar. Untuk pembuatan pizza dan spageti, bentuk bubuk dari daun oregano ini  bisa dijadikan sebagai bumbu tambahan.

Cara menanam daun oregano di rumah yang harus dilakukan adalah terlebih dahulu siapkan pupuk organik dan pupuk kompos dalam pot atau kontainer. Bibit oregano tersebut halus dan sangat kecil. Anda tinggal benamkan dengan ujung jari sedikit dapat menggunakan serbuk batok kelapa (cocopeat) untuk pembibitannya.

Kecambah oregano akan mucul setelah 5 sampai 10 hari, siram oreganonya menggunakan semprotan air yang halus agar bibit oregano tidak patah. Untuk penempatannya, oregano ditempatkkan di tempat yang sejuk dengan sinar matahar yang banyak.

Daun basil

Daun basil ini mempunyai aroma yang hampir mirip dengan daun kemangi. Tidak hanya aroma tapi bentuknya pun mirip. Tekstur dati daun basil ini lebih tebal daripada daun kemangi. Ada manfaat yang bisa diambiil dari daun ini yaitu untuk berbagai olahan ikan atau salad juga sebagai penambah rasa pada pasta.

Cara menanam daun basil ini di rumah yang bisa anda lakukan adalah dengan tempatkan di tanah kompos dan gembur lalu diberi air secukupnya, untuk selanjutnya setelah beberapa hari biji basil akan mengembang bentuknya seperti minuman biji selasih. Basil akan cepat tumbuhnya dan berkecambah bila ditempatkan di sinar matahari yang hangat.

Daun rosemary

Daun rosemary sebaiknya ditanam di udara yang sejuk dengan tanah yang lembab. Aroma dari daun rosemary ini tajam dan rasanya sedikit pahit. Memiliki bentuk daun yang runcing seperti daun cemara. Biasanya daun rosemary digunakan sebagai pengharum sup, bumbu saus perendam ataupun daging panggang.

Cara menanam daun rosemary di rumah bisa anda lakukan dengan mengambil bibit rosemary yang caranya potong serong batang tanaman dewasa sepanjang 10 sampai 15 cm. Kemudian beberapa tangkai daunnya pangkas hingga menyisakan beberapa helai daun saja. Kemudian batang bibit ini diletakkan di air hangat beberapa saat.

Siapkan pot, lalu taman ke dalam pot bibit batang rosemary, padatkan sedikit tanah di sekitarnya gara bisa berdiri tegak bibitnya. Setelah mulai tumbuh akar rosemarynya, pot tanaman dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka. Jangan lupa beri pupuk kompos setiap dua mingggu sekali agar bisa berkembang normal baik daun maupun bunganya.

Daun peterseli

Cara menanam daun peterseli, sebelum benih ditanam terlebih dahulu direndam dalam air seharian. Jangan lupa tempatkan di tempat yang gelap, selanjutnya setelah tumbuh daun kemudian  pindahkan dan letakkan dekat matahari.

Dalam menanam daun peterseli, cara terbaiknya dengan menanam bijinya. Untuk mendapatkan bibit peterseli itu didapat dari mengeringkan bunga petersei lalu kemudian bunganya digoyangkan hingga berjatuhan bibitnya. Sebelum ditanam, rendam biji peterseli selama semalam.

Jahe

Tanaman jahe diperbanyak secara vegetatif dengan memakai potongan-potongan rimpangnya. Bibit jahe sebaiknya tidak dibeli di pasar tapi di kebun karena umurnya sudah cukup untuk dikembangbiakkan. Jahe berkualitas diamkan di tempat yang tertutup dan lembab hingga tumbuh tunas.

Cara menanam jahe ini bisa dilakukan dengan cara ambil indukan dan potong menjadi bibit kecil. Rendam terlebih dahulu bibit sebeum ditanam dipot. Dalam merendam bibit, bibit direndam ke dalam larutan agrimicin 0,1 persen selama delapan jam kemudian angkatlah dan keringkan. Kurang lebih tiga bulan jahe akan tumbuh besar, lakukan secara rutin penyiraman saat minggu pertama dan pemupukan. Panen jahe bisa dilakukan saat delapan bulan umurnya.

Daun ketumbar

Untuk memperbanyak daun ketumbar agar tumbuhnya teratur, menabur benihnya dilakukan secara berbaris.  Daun ketumbar mempunyai aroma yang harum dan biasanya digunakan untuk penambah aroma ada sup.

Cara menanam daun ketumbar yaitu terlebih dahulu rendam biji ketumbar di dalam air hangat selama dua hingga dua belas jam sebelum ditanam dengan masksud untuk mengaktifkan biji tersebut. Setelah itu biji ditabur pada tanah dalam wadah bekas dengan 1-2 cm kedalamannya. Dalam masa 7-10 hari biji tersebut akan tumbuh.

Kunyit

Dalam memiih bibit tanaman kunyit, sebaiknya pilih bibit lengkuas dari tanaman lengkuas yang umurnya sudah tua sekitar kurang lebih delapan bulan. Karena semakin tua umurnya tunas yang dihasilkan akan semakin bagus. Rimpang kunyit letakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan pada tanah yang lembab.

Cara menanam kunyit ini yaitu taburi dengan tanah lalu setiap sore siramlah agar bibit tunas tumbuh merata dan bagus. Jika sudah tumbuh sekitar 10 cm, tiap tunas potong untuk di pot. Panen kunyit ini dilakukan ketika tanaman kunyit ini berumur 8 bulan.

Bawang merah

Bawang merah ini diperbanyak dengan biji dan umbi. Jarak tanamnya 15×15 cm atau 15×20 cm. alam melakukan penanaman dengan cara umbi bibit bawang merah dibenamkan. Panen bawang merah ini setelah tanaman bawang merah berumur 70-80 hari dan terlihat rebah dana cara dicabut.

Cabai rawit

Cabai rawit ini memilih benihnya dengan cara bii cabai rawit direndam ke dalam air bersih, kemudian pilihlah biji yang tenggelam dan buang biji yang mengapung. Biji yang mengapung mempunyai kualitas yang rendah.

Lengkuas

Untuk tanaman lengkuas ini dalam memilih bibitnya, pilihlah bibit lengkuas dari tanaman yang sudah tua umurnya dan bebas dari serangan hama atau penyakit. Menjadi 4 bagian dipatahkan dan masing-masing mempunyai 3-4 mata tunas lalu selama sehari dijemur. Masukkan dalam kayu berlapis, bibit dan abu sekam.

Cara menanamnya di rumah dengan membuat lubang ukuran kira-kira 10-15 cm lalu bibit lengkuas dimasukkan dengan posisi tunas menyumbul di atas. Selanjutnya tutupi dengan tanah namun perlu diingat untuk tidak menutupi tunas lengkuasnya. Jangan melewatkan untuk menyiram dengan air yang cukup.

Leave a Reply