Terapi Untuk Anak Autis

Jenis Terapi Untuk Anak Autis

 

Terapi untuk anak autis merupakan salah satu hal yang begitu penting dan tentu saja harus dilakukan. Dengan adanya terapi, maka anak autis akan menjadi lebih baik dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Tentu saja, kita mengetahui bahwa anak autis cenderung sulit bergaul, dan melakukan banyak aktivitas bersama-sama dengan orang lain. Mereka cenderung menyendiri dan tidak percaya diri dengan keadaan yang ada. Kita tidak boleh membiarkan hal tersebut terjadi, dan sudah seharusnya ada semacam terapi untuk anak autis. Berikut ini ada beberapa jenis terapi untuk anak autis yang patut untuk diketahui.

terapi untuk anak autis

Terapi wicara

Seorang anak autis rata-rata mempunyai kesulitan ketika berbicara dan belum mampu mengucapkan banyak kata dengan jelas. Ini merupakan salah satu kekurangan yang bisa diatasi dengan terapi wicara. Melalui terapi yang dilakukan khusus oleh praktisi anak autis, maka seorang anak mampu berinteraksi dengan baik bersama orang lain, dan kata-kata dalam pembicaraannya mulai tampak satu demi satu.

Terapi sosial

Seorang anak tentu saja harus bergaul, berinteraksi, dan bergabung ke dalam komunitas untuk membangun sense sosial yang dia miliki. Tetapi, anak autis agak berbeda dengan anak normal lain, mereka cenderung enggan bergaul dan memilih menjadi penyendiri. Jika hal ini dibiarkan secara berlarut, maka anak tidak mempunyai sifat sosial hingga ia besar nanti. Untuk itu, ada disarankan untuk membawa anak ke terapi sosial yang bertujuan untuk membuatnya bergaul bersama orang lain.

Terapi perilaku

Anak autis cenderung sulit untuk mengekspresikan keinginan, kebutuhan, dan bahkan sering mengamuk. Tentu ini tidak boleh dibiarkan berlarut, seorang anak autis harus diberikan terapi perilaku agar ia mampu mengekpresikan keinginannya dengan baik plus dengan emosi yang lebih terkontrol.

Terapi fisik

Seorang anak autis selain mempunyai perkembangan mental yang kurang baik, ternyata juga mempunyai kondisi fisik kurang. Anak-anak dengan autisme akan lebih baik jika mendapatkan terapi fisik untuk menjaga keseimbangan tubuh dan memperkuat otot.  Dengan terapi ini, mereka tidak menemui masalah apabila harus melakukan hal atau bergerak layaknya anak-anak normal.

Itulah 4 terapi untuk anak autis yang secara langsung dapat anda coba dalam rangka meningkatkan kemampuan anak autis itu sendiri.

Leave a Reply