Tips Cepat Atasi Kram Kaki

Kram pada kaki bisa saja terjadi dimanapun dan kapanpun. Hal yang perlu dilakukan agar aktivitas kembali lancar adalah dengan secepatnya melenyapkan kram tersebut.

Penyebab kram kaki

Aktivitas fisik walaupun bukan penyebab utama terjadinya kram pada kaki.  Tetapi terlalu banyak berolahraga atau beraktivitas bisa menyebabkan terjadinya kram kaki. Namun yang jadi peyebab kram kaki biasanya karena masalah defisiensi nutrisi. Khususnya adanya ketidakseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh.

Ketika otot-otot kaki berkontraksi sendiri, kemudian terjadi kekakuan pada otot karena ketidakseimbangan dalam rasio air dengan elektrolit yaitu natrium, kalsium,kalium, dan magnesium, maka saat itulah terjadi kram pada  kaki.

Di samping itu bila anda sebelum dan sesudah latihan tidak melakukan peregangan jari kkai, betis, dan otot paha juga bisa menyebabkan kram kaki.

Tips Cepat Atasi Kram Kaki

Jari-jari kaki tarik ke arah anda. Gerakan tersebut membantu otot menjadi rileks dan membuat otot yang kram meregang.

Anda juga dapat melakukan cara menjijjit untuk langsung menekan otot yang kram. Jika kram masih berlanjut juga, kompres dengan air hangat pada bagian yang kram. Tekanan dan kehangatan berfungsi memberikan pasokan darah segar beroksigen yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan gizi, meningkatkan sirkulasi darah dan mengakhiri kekakuan pada syaraf.

Bila kram telah reda, langkah selanjutnya yaitu membuat campuran  garam dengan air dengan ukuran; garam sebanyak dua jumput masukan ke dalam air sebanyak 0,35 liter lalu langsung diminum. Meminumnya bermanfaat membantu menyeimbangkan kadar elektrolit pada tubuh.

Untuk selanjutnya anda bisa mengonsumsi buah pisang, karena pisang mempunyai kandungan kaya magnesium dan kalium yang berfungsi menghilangkan kram otot. Jika berlanjut atau kembali kram, sebaiknya anda coba perbanyak mengonsumsi pisang dan air garam.

Tips mencegah kram kaki

Kram cenderung lebih sering sejalan bertambahnya usia. Jika kram kaki sering datang lebih dari biasanya, mungkin anda perlu melakukan beberapa hal;

  1. Minum air yang banyak; Disarankan untuk minum setengah dari berat badan anda. Misal jika 68 kg berat badannya, maka anda harus minum air sebanyak 75 ons atau setara dengan sembilan gelas air. Kunci untuk menjaga otot-otot anda bekerja dengan optimal adalah dengan menjaga tubuh selalu terhidrasi.
  2. Konsumsi magnesium lebih banyak; Makan yang mengandung mgnesium selain pisang juga kalsium bisa didapat dari kacang-kangan, biji-bijian, ikan, sayuran berdaun hijau gelap, dark chocolate dan alpukat.
  3. secara teratur gosok kaki anda; Pada waktu pagi hari atau malam hari lakukan perawatan diri dengan memijat kaki dan betis.
  4. Memakai sepatu yang nyaman; Kram kaki bisa terjadi karena memakai sepatu hak yang terlalu tinggi atau sepatu yang terlalu ketat sehingga menyebabkan otot menjadi kaku.

Leave a Reply