Tips Main Gadget agar Mata Tetap Sehat

Saat ini, gangguan mata pada anak semakin bertambah. Salah satu penyebabnya karena anak terlalu lama atau sering main game. Menggunakan gadget terlalu lama akan mengakibatkan mata menjadi lelah (astenopia).  Kelelahan pada mata dapat terjadi karena anak pada saat menggunakan gadget, mata anak akan terakomodasi. Apabila dalam waktu yang lama mata terakomodasi, otot-otot  mata akan mengalami kelelahan. Kelelahan pada mata akan mengakibatkan gejala pusing, pandangan ganda (double) dan  pandangan buram.

Bermain gadget terlalu lama juga akan membuat mata menjadi kering, Mata kering terjadi saat menggunakan gadget refleks berkedip akan menjadi menurun. Hal tersebut akan mengakibatkan mata menjadi pedih, terasa panas, berair, dan merah. Selain itu juga akan membuat pandangan mata menjadi kabur.

Jika melihat obyek yang dekat secara berlebihan akan mengakibatkan rabun jauh (myopia). Rabun jauh itu membuat titik fokus mata untuk melihat yang jauh menjadi berkurang. Sebenarnya tidak secara langsung gadget bisa menimbulkan rabun jauh, namun aktivitas yang berlebihan dari mata bisa membuat mata menjadi rabun jauh. Untuk itu, untuk mencegah rabun jauh pada anak, disarankan agar anak-anak melakukan aktivitas atau bermain lebih sering di luar rumah supaya mata anak bisa beristirahat (tidak teromodasi secara terus-menerus pada gadget).

Berikut tips main gadget agar mata anak tetap sehat :

  • Batasi penggunaan gadget pada anak maksimal dua jam sehari, termasuk menonton tv,  bermain game, dan menatap komputer/handphone/laptop.
  • Sebaiknya tidak dilakukan dalam satu waktu penggunaan gadget. Maksudnya, dengan mengatur waktu setiap 30 menit menatap layar komputer/gadget sebaiknya diselingi dulu dengan melihat jauh sekitar lebih dari 6 meter untuk mencegah terjadinya gangguan pada penglihatan (mata). Atau dengan cara mnerapkan aturan 20-20, maksudnya selama 20 menit menatap layar gadget, 20 detik dipakai untuk beristirahat dengan melihat obyek jauh dengan jaraak lebih dari 6 meter.
  • Harus diperhatikan jarak pandang mata ke gadget. Jarak yang baik dari mata ke gadget adalah sekitar 30-40 cm. Untuk posisinya, sebaiknya posisi gadget lebih rendah dari posisi mata, yaitu dengan membentuk sudut sekitar 15 derajat.
  • Larang anak menggunakan gadget sambil tiduran. Larang juga anak menonton televisi terlalu dekat dengan layar televisi.
  • Sebaiknya jarak yang baik untuk menonton tv adalah sekitar 4-5x diagonal tv.
  • Sebaiknya pencahayaan gadget tidak terlau terang. Mata akan mudah lelah atau cepat lelah jika pencahayaan terlalu terang.
  • Untuk pencahayaan ruangan juga harus diatur agar pencahayaannya tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari gadget. Ruangan juga jangan terlalu redup, ruangan yang terlalu redup akan menyebabkan kontras yang berlebihan sehingga membuat tidak nyaman pada mata.
  • Ingatkan anak agar mengedipkan mata secara teratur saat sedang menggunakan gadget. Hal ini penting untuk mencegah mata menjadi kering karena pada saat anak sedang berkonsentrasi menggunakan gadget, biasanya refleks mata berkedip akan berkurang.
  • Untuk selalu mengingatkan aanak agar tidak membaca sambil tiduran, membaca juga tidak di tempat yaang gelap , mata diberi istirahat, dan membiasakan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang sangat baik untuk menjadi kesehatan mata.

Demikian tema mengenai  “Tips Main Gadget agar Mata Tetap Sehat” telah penulis sajikan.  Pencegahan lebih baik daripada mengobati, untuk itu perhatikan kebiasaan anak dalam penggunaan gadget akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.