Tips Mengatur Keuangan Keluarga

2 Tips Mengatur Keuangan Keluarga

 

Apa saja tips mengatur keuangan keluarga yang cukup jitu? Sejatinya, tidak ada yang begitu spesial dalam mengatur keuangan keluarga. Karena Anda hanya diharuskan untuk melakukan sesuatu yang baik secara konsisten. Tanpa konsistensi, maka keuangan keluarga Anda akan sangat buruk dan pada akhirnya bisa membuat keluarga jatuh ke dalam kesengsaraan. Dibutuhkan kerjasama antara suami, istri, dan juga anak dalam menjaga kestabilan keuangan keluarga. Meskipun kuncinya hanya konsistensi, namun tidak ada salahnya apabila Anda mengikuti tips yang kami berikan berikut ini.

 

Langsung menempatkan uang pada posnya

Tips mengatur keuangan keluarga pertama adalah dengan membagi system keuangan keluarga Anda setiap bulan menjadi empat pos. Keempat pos tersebut mempunyai tingkat kepentingan masing-masing. Pos pertama adalah pos sedekah. Anda disarankan untuk mensisihkan terlebih dahulu 10 persen dari pendapatan keluarga untuk sedekah atau memberikan uang ke fakir miskin. Pos selanjutnya adalah pos tabungan investasi. Alihkah 10 persen dari pendapatan untuk berada di dalam pos investasi masa depan. Apa guna dari post investasi ini? Untuk modal sebuah bisnis yang bisa Anda jalankan dan menjadi salah satu sumber penghasilan di masa depan.

tips-mengatur-keuangan-keluarga

Pos yang ketiga adalah pos keluarga. Untuk pos ini, coba sisihkan 20 persen penghasilan untuk kesehatan keluarga, rencana liburan, atau hal lain yang khusus untuk keluarga Anda. kemudian, pos yang terakhir adalah pos kebutuhan sehari-hari. Pos terakhir tersebut rata-rata dialokasikan pertama kali, namun ketika keluarga terlalu memikirkan kebutuhan, maka mereka tidak mempunyai dana segar untuk menabung, dan melakukan investasi jangka panjang.

 

Berhemat itu sangat penting

Jangan ikuti keluarga yang terlihat sok kaya dengan membeli barang mahal, bermerek, dan terus-menerus belanja. Perilaku boros akan membuat keuangan sebuah keluarga hancur tanpa tersisa. Sudah banyak keluarga yang kaya raya dan kemudian bangkrut karena belum mampu membiayai gaya hidupnya yang terlanjur tinggi.

Jadilah keluarga yang hemat, dan belanjalah dengan bijak. Jangan mengikuti nafsu Anda untuk berbelanja beragam hal yang sebenarnya tidak penting. Alokasikan uang ke tabungan dan buat keluarga Anda mempunyai masa depan cerah.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan keluarga yang semoga mampu membantu Anda dengan sangat baik. Selamat mencoba.

No Responses

Leave a Reply