Variasi Makanan Sehat Anak

Variasi Makanan Sehat Anak Usia 1 Tahun

 

Beberapa variasi makanan sehat anak yang diformulasikan khusus untuk anak berusia 1 tahun keatas. Pada prinsipnya, begitu anak menginjak usia 1 tahun, dia sudah dapat , mengkonsumsi makanan yang istilahnya table food atau sama dengan makanan orang dewasa. Hanya saja perlu diingat, sehubungan dengan istilah table food yang berasal dari Negara barat, tentunya makanan orang dewasa di Negara mereka tidak menjadi masalah dibandingkan negara-negara di asia kecuali jepang. Kadar garam yang terkandung di dalam makanan anak lebih relative sedikit, dan pemakaian gula sangat jarang dilakukan. Alangkah lebih baiknya kalau kita bisa tetap memperhatikan asupan makan anak-anak kita, jadi meskipun si kecil telah menginjak usia 1 tahun, sebaiknya pemasukan garam dan gula seminim mungkin.

variasi-makanan-sehat-anak

Adapun beberapa variasi makanan sehat anak untuk usia 1 tahun keatas, diantaranya:

  • Ganti sumber karbohidrat dengan berbagai pilihan, misalnya beras, beras merah, ubi, kentang, roti.
  • Jangan memberinya bayam dan wortel saja. Perkenalkan dengan berbagai sayuran, misalnya jagung, brokoli, bit, bayam merah.
  • Bila si kecil tidak suka makanan baru yang anda perkenalkan, cobalah beberapa kali. Jika ia tetap menolaknya, tak perlu memaksanya agar tidak menimbulkan trauma terhadap makanan itu.
  • Karena makanan si kecil tak boleh diberi bumbu yang menyengat, berikan selembar daun dalam buburnya agar lebih gurih.

Namun perlu diperhatikan beberapa makan dibawah ini bisa menimbulkan alergi pada sebagian bayi di bawah usia stau tahun, yaitu : telur, tomat, jenis ikan tertentu (tongkol,salmon), kacang (termausk selai metega), bumbu-bumbu yang menyengat (lada, kunyit, jahe, dan sebagainya), strawberry, coklat dan kerang. Hingga usia 1 tahun, sebaiknya hindari memberi bayi anda telur setengah mateng, bawang merah, ketimun dan kol (Karen asulit dicerna), garam berlebihan, gula berlebihan, lobak dan kangkung (membuat bayi bersendawa), dan makan mengandung pengawet.

Jika si kecil telah berusia 1 tahun, sebaiknya pemasukan garam dan gula seminim mungkin, bahkan lebih baik sebaiknya sampai mereka berusia 2 tahun. Saat anak berusia 1 tahun keatas sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan seperti, udang, kerang, cumi-cumi dan lain-lain. tetapi perlu diingat apabila ada sejarah dalam keluarga kita alergi seafood sebaiknya pemberian makan seafood ke si kecil ditunda dulu. Nah tulah beberapa variasi makanan sehat anak untuk anak usia 1 tahun ketas.

Leave a Reply